Kanker Endometrium

Kanker Endometrium

Kanker Endometrium ini salah satu kanker yang paling banyak menyerang wanita. Kanker Endometrium ini menduduki posisi kanker ketiga paling banyak menyerang wanita di indonesia.
Kanker Endometrium adalah bentukan ganas yang terjadi pada dinding rahim bagian dalam yang lebih dikenal dengan sebutan lapisan endometrium sel Endometrium ini memiliki permukaan berpori dengan sifat menyerupai spons, maka secara otomatis terjadi penebalan pada endometrium ini dengan membentuk massa darah di dalam sel.

Terdapat enam jenis Kanker Endometrium: Adenokarsinoma, karsinoma sel kecil, karsinoma sel skuamosa, karsinosarkoma, karsinoma tak berdiferensiasi, dan karsinoma transisi. kanker dikategorikan berdasarkan tingkat kerusakan pada endometrium.

Penyebab Kanker Endometrium

Ada beberapa kondisi khusus yang memicu seseorang wanita mengalami Kanker Endometrium

- Haid yang berkepanjangan. Beberapa orang yang sudah mengalami menstruasi sejak di usia dini dan mendapat menopause lebih lambat dari kebanyakan wanita.
- Obersitas. Wanita yang mengalami kegemukan badan biasanya memiliki cadangan lemak lebih tebal dari tubuh wanita langsing.
- Belum pernah hamil.
- Mengonsumsi estrogen artifisial
- Mengalami masalah PCOS
- Faktor kebiasaan: riwayat merokok
- Faktor penyakit lain: kanker payudara, kanker usus besar, kanker indung telur
- Riwayat keluarga menderita kanker endometrium
- Umur wanita yang lebih tua memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker Endometrium
- Kanker Endometrium lebih sering terjadi pada wanita penderita diabetes

Gejala Kanker Endometrium

Wanita yang terkena kanker ini biaanya akan menimbulkan gejala berupa :
Keluarnya darah dari vagina meskipun bukan di masa menstruasi. Hampir semua kasus Kanker Endometrium mengalami gejala ini bahkan pada stadium awalnya. Kondisi pendarahan vagina ini juga dapat dengan mudah pula untuk pasien kenali.
Nyeri dibagian panggul
Nyeri saat berhubungan seksual
Keluarnya nanah encer atau nanah yang disertai darah dari vagina
Keluarnya darah dari vagina meski telah menopause

Pengobatan Kanker Endometrium

pengobatan ini harus sesuai dengan tingkat keparahan yang dialaminya antara lain:

Tindakan operasi pengangkatan. Tindakan ini paling efektif mengangkat jaringan yang sudah terserang kanker dengan cara yang aman dan efektif efek samping lebih ringan.
Bedah salpingo-oophorectomy. merupakan salah satu prosedur yang cukup umum dilakukan dalam kasus kanker endometrium, dalam prosedur ini idung dan saluran sel telur akan diangkat.
Kemoterapi. metode ini dokter akan memberikan obat untuk membunuh sel sel kanker dan obat obatan tersebut berupa cairan yang akan dimasukan ke infusan.
Terapi hormon. melalui terapi hormon ini dokter akan memberikan obat obatan untuk menurunkan kadar hormon estrogen atau menaiikan kadar hormon progesteron untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker

Diagnosa kanker Endometrium

Jika anda kerap merasakan gejala gejala kanker endometrium segeralah temui dokter dan setelah dokter mengumpulkan informasi berupa gejala riwayat medis pribadi dan keluarga, maka dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan antara lain ;

Pemeriksaan area panggul. pemeriksaan ini hanya dengan jari jari tangan untuk merasakan adanya kelainan pada rahim dam indung telur.
Histeroskopi. Dalam pemeriksaan ini dokter akan melakukan memasukan histeroskop atau alay khusus yang dilengkapi dengan kamera kecil dan lampu melalui vagina ke dalam rahim agar bisa terlihat dan kondisi di dalam rahim.
USG Transaginal . dalam tes ini dokte menggunakan alat khusus yang bisa mamancarkan gelombang ultrasound ke dalam rahim melalui vagina.
Biopsi. Dokter akan mengambil sempel jaringan dari lapisan rahim, dan kemudian menelitinya di laboratorium.

0 Response to "Kanker Endometrium"

Post a Comment